Demografi Desa

1:26 PM
Demografis diambil kata dari demografi yakni ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia. Demografi meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. Analisis kependudukan merujuk ke masyarakat secara keseluruhan atau kelompok tertentu yang didasarkan pada kriteria seperti pendidikan, kewarganegaraan, agama, atau etnisitas tertentu.


a.      Jumlah Penduduk

Desa Lantek Barat mempunyai jumlah penduduk kurang lebih sekitar 4.445 jiwa. Dengan penduduk laki-laki berjumlah 2,924 jiwa dan penduduk perempuan 1,521 jiwa. Dengan jumlah penduduk yang tidak sedikit tersebut, desa Lantek Barat cukup mempengaruhi kesejahteraan sosial. Penduduk Desa Lantek Barat tersebar di enam dusun. Yaitu dusun Totenggih, dusun Lantek Barat, dusun Lantek Tengah, dusun Lantek, dusun Robbu’, dan dusun Montorah.
Seperti data dalam tabel berikut dengan Jumlah penduduk desa Lantek Barat berdasarkan data umum desa:

No
Penduduk
Jumlah
1.
Laki-laki
2,924 jiwa
2.
Perempuan
1,521 jiwa
Jumlah
4,445 jiwa
Jumlah KK
1,508 KK

b.      Mata Pencaharian
Penduduk Desa Lantek Barat mayoritas mempunyai kebiasaan bertani. Dengan demikian bisa disimpulkan pekerjaan masyarakat Desa Lantek Barat adalah petani. Apalagi di Desa Lantek Barat tidak begitu banyak bangunan-bangunan perumahan. Jadi lahan-lahan pertanian disana dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat yang mempunyai hobi bertani. Akan tetapi untuk hasil yang didapat hanya dikonsumsi sendiri.

Selain bertani, penduduk Desa Lantek Barat sebagian merantau keluar negeri untuk mencari nafkah. Alasannya karena di luar negeri bisa mendapat gaji yang lebih besar. Meskipun disana mereka hanya sukses sebagai kuli bangunan. Tetapi ada juga yang menjadi pengusaha meski hanya sebagian kecil yang suskses.

c.       Pendidikan
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting di kehidupan manusia. Dalam hal ini, mereka berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Terutama pendidikan dalam lingkungan sekolah. Di desa Lantek Barat tingkat pendidikan dapat dikatakan pendidian sudah mencukupi, hal ini bisa dilihat dari adanya berbagai lembaga pendidikan yang ada seperti TK, SD/MI, Madrasah Diniyah, dan SMP/MTs. Berikut gambaran beberapa sekolah di Lantek Barat:
1.      SDN 1 Lantek Barat



SDN 1 Lantek Barat





SDN 2 Lantek Barat


SDN 3 Lantek Barat



Yayasan Manbaul Ulum
d.      Kesehatan
Dalam segi kesehatan Desa Lantek Barat memiliki satu Posyandu dimana sebagai pos kesehatan di desa dengan keterbatasan peralatan-peralatan dan tempat yang relatif kecil untuk desa tersebut. Untuk pusat kesehatan lain seperti puskesdes sebagai pos kesehatan yang seharusnya belum tersedia sehingga masyarakat harus berjalan jauh untuk berobat dengan fasilitas yang memadai Namun itu semua tetap disyukuri oleh masyarakat Desa Lantek Barat. Terbukti dengan tetap terjaganya kerukunan dan kesejahteraan antara masyarakat Desa Lantek Barat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »