Kehebatan Dusun-dusun di Lantek Barat ?

9:10 AM
Di desa Lantek Barat terdapat 6 buah dusun, dari ke 6 dusun tersebut memiliki kehebatan sendiri-sendiri, berikut adalah kehebatan mereka :

a. Dusun Totenggih

Dusun Totenggih sebagian besar adalah persawahan dan kondisi tanahnya berwarna putih. Dibidang pertanian yang paling cocok adalah padi, cabai/lombok dan pisang. Kelebihan dusun Totenggih ini disbanding dusun-dusun lainnya adalah karena memiliki sungai yang mengalir dari desa Longkek, sehingga dapat dijadikan bahan irigasi walaupun tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat seluruh dusun Totenggih. Disamping itu masyarakat di dusun ini banyak yang kreatif dalam bidang anyam-menganyam bambu, rotan ataupun plastik. Sehingga sebagian kebutuhannya bisa terpenuhi dari hasil anyaman tersebut.  Pencaharian masyarakat di Dusun Totenggih secara umum adalah bertani, berternak,  pertukangan, kuli bangunan / proyek, keterampilan menganyam dan berberdagang.

b.    Dusun lantek

Dusun Lantek, merupakan dusun yang paling berpotensi, dalam bidang pertanian, karena tanahnya berwarna merah dan hitam sehingga hampir semua tanaman bisa hidup dengan subur. Dibidang perkebunan yang banyak ditanam masyarakat di dusun Lantek ini adalah: Durian, nangka, mangga, rambutan, kelapa, pisang, sawu, dan bambu. Bahkan  pohon kopi juga bisa tumbuh dengan subur, sayangnya tidak  banyak masyarakat di dusun Lantek yang memanfaatkan tanaman kopi tersebut, hal ini disebabkan oleh ketidak tahuan mereka dalam mengelola hasil panen kopi tersebut. Dibidang pertanian yang sangat potensi adalah kacang tanah, jagung, kacang panjang, kacang hijau dan padi. Hanya saja di dusun Lantek ini kondisi tanahnya merupakan perladangan tadah hujan, sehingga kalau musim kemarau tidak bias dikelola karena sangat sulit untuk mendapatkan air. Sumur-sumur sangat jarang, kalaupuan ada sangat dalam. Rata-rata sumur yang ada sampai mencapai kedalaman 30 depa ke atas. Jika diukur dengan satuan meter maka mencapai 40 meter lebih.  Sebagian besar masyarakat di dusun Lantek hidup dengan bertani, berkebun, berternak, pertukangan, kuli bangunan dan sebagian kecil berdagang dan merantau ke Malaysia dan Saudi Arabia juga ada yang menjadi pegawai negeri sipil. 

c.    Lantek Tengah

Dusun Lantek Tengah merupakan dusun yang paling strategis karena terletak di tengah-tengah desa, sehingga bisa dengan mudah menjangkau dusun-dusun lain di desa Lantek Barat. Secara umum kondisi tanah, tanaman dan kehidupan masyarakatnya sama dengan dusun Lantek, bedanya dari segi tenaga kerja disamping banyak yang menjadi TKI ke Malaysia juga banyak yang merantau ke Jakarta. Dari segi keterampilan masyarakat Lantek Tengah banyak yang ahli  dalam bidang seni mengukir kayu. Namun karena tidak memiliki modal yang cukup bakat mereka tidak dapat tersalurkan secara baik.

d.    Lantek Barat

Dusun Lantek Barat dengan jumlah penduduk 472 jiwa, memiliki potensi tersendiri sebab kondisi tanahnya banyak mengandung bebatuan yang digali dan dimanfaatkan untuk bahan dasar bangunan dan proyek jalan. Masyarakat dusun Lantek Barat disamping, bertani, berkebun, berternak, pertukangan, kuli bangunan ada juga diantara mereka yang hidup dengan bekerja sebagai pelaksana peroyek jalan seperti pengaspalan, hal tersebut karena salah satu penduduknya ada yang menjadi kontraktor jalan yang tidak hanya sekaliber Bangkalan tapi sudah mencakup keseluruh pelosok Madura sampai kepulau-pulau kecil di daerah Sumenep. Keterampilan masyarakat dusun Lantek Barat juga ada yang bakat dalam membuat sangkar burung seperti sangkarnya burung perkutut dan lain-lainnya. Soal ketenaga kerjaan masyarakat dusun Lantek Barat tidak banyak yang merantau kemalaysia dan Saudi, tapi mereka banyak yang merantau ke Balik- Papan Kalimantan.

e.    Montoroh

Dusun Montorah merupakan dusun yang terdiri dari dataran tinggi yang banyak mengandung air. Dari dusun Muntoran inilah masyarakat dusun Lantek mengalirkan air melaui pipa paralon sepanjang 3 km lebih. Kondisi tanahnya yang sebagian selatan berwarna merah dan hitam sama dengan dusun lantek, sedangkan yang sebelah utara tanahnya berwarna putih dan banyak ditumbuhi pohon akasia.  Sedangkan kondisi masyaratnya hampir keseluruhannya sama dengan dusun Lantek, yaitu bertani, berkebun, berternak, pertukangan, kuli bangunan dan ada yang terampil membuat batu bata dari tanah serta pedagang sapi.

f.    Dusun Rofu

Dusun Rofu merupakan dusun yang paling terpencil karena dikelilingi oleh persawahan yang cukup luas. Keadaan tanah di Dusun Rofu banyak mengandung bebatuan dan bebukitan kecil. Banyak masyarakat dusun Rofu yang menggali batu batu gelondongan dan bata sebagai  bahan bangunan. Namun kurang pemasaran karena sampai sekarang sangat kesulitan sarana transportasi sebab jalan yang  menuju kedusun Rofu ini masih berupa jalan tanah yang becek dan licin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »