Rangkaian Kisah Awal KKN Kelompok 20 Universitas Trunojoyo Madura

12:56 AM

Sudah tak asing lagi jika seorang mahasiswa mendengar kata KKN. KKN atau yang biasa dikenal dengan Kuliah Kerja Nyata merupakan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa sebelum mereka benar-benar terjun ke masyarakat dan dalam jangka waktu tertentu. Universitas Trunojoyo Madura merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di pulau Madura. Dalam tahun ini, UTM melaksanakan kegiatan KKN dengan jumlah peserta terbanyak sepanjang periode tahun 2016, yakni sebanyak 1876 mahasiswa dari berbagai fakultas, di antaranya Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ilmu Keislaman. Dan untuk kali pertama UTM mengirimkan delegasi tiga mahasiswa ikut serta dalam KKN Kebangsaan di Kepulauan Riau. 

Dari 1876 peserta KKN, dibagi menjadi 93 kelompok satu kelompok terdiri dari 20 mahasiswa. Salah satu di antaranya adalah kelompok 20 yang terdiri dari 14 mahasiswa perempuan dan 6 mahasiswa laki-laki. Lokasi yang digunakan untuk pengabdian berada di desa Lantek Barat kecamatan Galis kabupaten Bangkalan. Pada pelaksanaan kegiatannya, kelompok 20 dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan dari Fakultas Pertanian yaitu Ibu Diana Nurus S. S.Farm., M.Si. Dalam sebuah kelompok diharuskan ada seorang pemimpin, pemimpin dalam kegiatan KKN UTM disebut dengan koordinator desa (Kordes). Kordes dikelompok 20 berasal dari jurusan Ilmu Komunikasi yang bernama Cahya Yuliadi Utama, sedangkan sekretaris I dipegang oleh mahasiswa jurusan Pendidikan IPA yakni Eka Evriani, untuk sekretaris II dipegang oleh mahasiswa jurusa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yakni Cicik Rahmatul Ulya, dan dalam mengurus keuangan diserahkan kepada mahasiswa jurusan Akuntansi dan PGPAUD yaitu Sulastri dan Inmas Thoharoh.
Beragam budaya itu menyenangkan, beragam karakter itu unik, dan beragam rupa wajah itu indah. Kesemuanya itu merupakan keunikan dalam kelompok 20 yang menciptakan sebuah rasa kekompakan dan kekeluargaan. Rasa itulah yang harus tertancap pada diri anggota KKN kelompok 20. Dengan adanya berbagai program kegiatan yang sudah di rencanakan, maka akan menumbuhkan bentuk kepedulian kelompok 20 dengan masyarakat sehingga terjalinlah sebuah hubungan yang baik dan saling menguntungkan.

Share this

Related Posts

First